Menginterpretasikan Kembali Ilmu Pemerintahan

Asosiasi Dosen Pemerintahan Seluruh Indonesia (ADIPSI) menyelenggarakan Seminar Online Series 1# dengan tema Reinterpreting Scope and Subject Matter of Government Science, Kamis (26/08/2020).

Webinar tersebut di isi oleh para pakar sebagai pembica dari sejumlah berguruan tinggi di Indonesia yaitu Prof. Dr. H. Nandang Alamsyah Deliarnoor, M. Hum dari Universitas Padjadjaran dalam paparannya terkait Paradigma dalam Studi Ilmu Pemerintahan, Dr. Titin Purwaningsih, M. Si dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tentang Perkembangan Ilmu Pemerintahan, kemudian Dr. Panca Prihatin, M. Si dari Universitas Islam Riau memaparkan ruang lingkup baru kajian ilmu Pemerintahan,

Sementara Dr. Tri Sulistyaningsih, M. Si, selaku Ketua Asosiasi Ilmu Pemerintahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (AIPPTM) menginterpretasikan kembali Ilmu Pemerintahan. Dalam paparannya ia menegaskan posisi ilmu pemerintahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta dinamika perkembangan ilmu pemerintahan dari masa ke masa.

Salah satu gejala ilmu pemerintahan dalam perkembangannya adalah mayoritas membahas pada aspek meteri tetapi cenderung kajian operasionalnya berkurang dalam artian fokus pada tata kelola dan menjadi payung atas permasalahan masyarakat.

Dengan demikian Dr. Tri Sulistiyaningsih, M. Si memandang bahwa peran ilmu pemerintahan dalam menanggapi problematika masyarakat akan menjadi hal yang mendasar dan subjektif.. Sehingga ilmu pemerintahan kedepan bergerak dinamis dan relevan dengan dinamika masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *